Idul Fitri dan Zakat Fitri - Info Ikhwah
Headlines News :
Home » » Idul Fitri dan Zakat Fitri

Idul Fitri dan Zakat Fitri


- Hiburan, rekreasi, dan makan pada hari Idul Fitri:

Hal ini boleh dilakukan selama masih dalam batas syariah Islam. Anas berkata: Ketika Nabi, sallaallahu alaihi wa sallam datang ke Madinah, mereka memiliki dua hari untuk hiburan. Nabi, sallaallahu alaihi wa sallam telah menukarkan dua hari ini dengan dua hari yang lebih baik: hari berbuka puasa dan hari pengorbanan. (An-Nasa'i dan Ibnu Hibban)

- Mengikutsertakan wanita dan anak- anak untuk shalat Id:
Nabi sallaallahu alaihi wa sallam, membawa istri dan dua anak untuk melaksanakan shalat Id. Ummu Atiyah berkata: "Kami diperintahkan untuk pergi shalat Id dan mengikutsertakan wanita haid untuk berdoa memohon memberikan kebaikan bagi kaum muslimin. Walaupun, wanita haid tinggal di daerah yang jauh dari tempat shalat Id." (Al-Bukhari dan Muslim)

- Perjalanan Melaksanakan Shalat Id :
Nabi, sallaallahu alaihi wa sallam berjalan kaki untuk pergi melaksanakan shalat Id. Jaber meriwayatkan: "Pada hari-hari Idul Fitri, Nabi, sallaallahu` alaihi wa sallam akan pergi shalat Id oleh satu rute dan pulang dengan rute yang lain. " (Related oleh Al-Bukhari)

- Makan sebelum melaksanakan shalat Id:
Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi kaum muslimin setelah melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh.Hal yang lebih disukai yakni makan sebelum pergi melaksanakan shalat Idul Fitri. Ini adalah Sunnah Nabi, sallaallahu `alaihi wa sallam, untuk makan di tanggal ganjil ini sebelum pergi melaksanakan shalat Idul Fitri. Anas meriwayatkan: "Nabi, sallaallahu` alaihi wa sallam tidak akan pergi keluar pada hari Idul Fitri tanpa makan di tanggal ganjil tersebut. "(al-Bukhari.)
- Persiapan untuk Shalat Ied:
Hal lebih disukai yakni Mandi, memakai pakaian yang terbaik bagi laki-laki, untuk memakai parfum sebelum pergi shalat Idul Fitri. Ibnu Al-Qayyim berkata: "Nabi sallaallahu alaihi wa sallam, menggunakan pakaian yang terbaik untuk shalat Idul Fitri yang mana telah dipersiapkan pakaian yang ia dicadangkan untuk Idul Fitri dan shalat Jum'at. "

- Membuat takbir:
Takbir dimulai dari kanan menjelang Idul Fitri itu sampai Imam datang untuk memulai shalat. Allah berfirman (QS Al Baqarah ; 185): "Anda harus menyelesaikan masa yang ditentukan dan kemudian Anda harus memuliakan Allah (yaitu, misalnya takbir) karena telah membimbing Anda sehingga anda harus bersyukur kepada-Nya." Bentuk takbir diriwayatkan oleh `Umar dan Ibnu Mas` ud: "Allahu Akbar, Allahu Akbar, La illaha illallah. Allahu Akbar. Allahu Akbar wa lillahil-hamd."

- Ucapan selamat satu sama lain:
Diriwayatkan bahwa ketika sahabat Nabi bertemu satu sama lain di hari Idul Fitri, mereka akan berkata kepada satu sama lain: "Semoga Allah menerima amal ibadah dari kami dan dari Anda." (Related oleh Ahmad.)

Zakat Fitri

Zakat Fitr adalah zakat wajib setiap Muslim di akhir bulan Ramadan. Ibnu `Umar berkata:" Nabi, sallaallahu `alaihi wa sallam, memerintahkan pembayaran satu Sa'a tanggal atau satu Sa'a jelai sebagai Zakat Fitri pada setiap Muslim, tua dan muda, laki-laki dan perempuan, bebas dan budak. " (Al-Bukhari dan Muslim)

Tujuan Zakat Fitri adalah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari segala jenis perbuatan tidak baik yang mungkin telah dilakukan sementara berpuasa. Hal ini juga membantu orang miskin dan yang membutuhkan. Ibnu Abbas berkata: "Wahai Rasulullah, sallaallahu` alaihi wa sallam, memerintahkan Zakat Fitri pada orang yang berpuasa untuk melindunginya dari segala perbuatan yang tidak baik dan bertujuan menyediakan makanan bagi yang membutuhkan. " (Abu Dawud dan Ibnu Majah.)

Jumlah Zakat Fitri

Seperti ditunjukkan hadits pertama, rata- rata dari Zakat Fitri adalah satu Sa'a. Sa'a adalah ukuran volume kira-kira dengan volume 5 £ gandum yang baik. Adapun materi Zakat dapat berupa kurma, barley, gandum, beras, jagung atau barang lain serupa dianggap sebagai makanan dasar. Abu Saeed berkata: "Kami digunakan untuk memberi untuk Zakat Fitri atas nama setiap anak, orang tua, orang merdeka atau budak selama masa Rasulullah, sallaallahu` alaihi wa sallam, salah satu Sa'a makanan, atau satu Sa'a yogurt kering, atau salah satu Sa'a jelai, atau salah satu Sa'a tanggal, atau salah satu Sa'a kismis. " (Al-Bukhari dan Muslim.)
Waktu untuk Zakat Fitri

Zakat Fitri harus dibayar pada akhir Ramadhan. Ada dua kali untuk membayar zakat Fitri. Salah satu atau dua hari sebelum Idul Fitri sebagai 'Umar digunakan untuk melakukan, atau hari Idul Fitri sebelum Shalat Id. Ibnu `Umar menceritakan bahwa Nabi saw, sallaallahu` alaihi wa sallam, memerintahkan mereka untuk membayar zakat Fitri sebelum mereka pergi keluar untuk melakukan Shalat Ied. Jika Zakat Fitri adalah dibayarkan setelah Shalat Ied, itu hanya akan dianggap sebagai zakat. Nabi, sallaallahu `alaihi wa sallam, berkata:" Jika seseorang membayar zakat Fitri sebelum shalat, ini dianggap sebagai sebuah Zakat diterima, jika ia membayar itu setelah shalat, ini dianggap sebagai sebuah sedekah biasa. " ( Abu Dawud.)

Zakat al-Fitr adalah untuk diberikan kepada delapan kategori yang sama atau orang seperti dalam jenis zakat lainnya. Beberapa sarjana mengatakan bahwa kaum miskin dan nedy adalah yang paling layak sejak Nabi, sallaallahu `alayhe wa sallam, mengatakan bahwa mereka" ... tujuan menyediakan makanan bagi yang membutuhkan. "
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Ikhwah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger